Minggu, 20 Januari 2013

Kenapa Allah Menciptakan Manusia ada yg Ganteng/Cantik dan ada yg Jelek ???


Assalamuallaikum wr wb
Terkadang kita sering berpikir mengapa ada yg ganteng dan ada yg jelek dan  bertanya kepada diri sendiri atau Tuhan "Allah itu ga adil, kenapa kakakku atau adikku, teman-temanku diberikan wajah ganteng/cantik sementara aku diberikan wajah jelek???", "Tuh liat enak yah! kalau jadi dia(cewe cantik), dikagumin sama cowo-cowo karena dia cantik", "Andai saja wajahku seperti artis yg ganteng, mungkin cewe2x manapun pasti nempel sama gue, sayangnya wajah gue nggak seperti dia". Penulis pun juga pernah mengalami hal yg serupa di atas. 

Lalu apakah kita pernah merenungkan bahwa sesungguhnya Allah SWT menciptakan manusia di muka bumi ini dengan sebaik-baiknya. Hal ini sama dengan firman Allah SWT:

 "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya". 
(At Tiin; 4). 

Jadi, Allah SWT menciptakan kita semua lain dari satu dengan yang satunya agar dunia ini indah dan keindahan itupun harus dihiasi dengan perbedaan, entah itu dari bentuk fisik maupun bakat kita. Bayangkan seandainya dunia ini diciptakan semua hidung manusia itu mancung ga ada yang pesek maka kita pun merasa ada yang kurang dalam hidup ini atau kita akan bosan melihat hidung mancung itu melulu setiap harinya.

 "Perbedaan itu indah"
 itulah sabda Rasulullah yang pernah aku dengar diceramah2 tv.  "Perbedaan itu bak sayur tanpa garam" maksudnya hidup ini terasa hambar jika Allah SWT menciptakan manusia tidak beda dari satu dengan yang lainnya. Lagi juga Allah swt itu melihat manusia bukan dari bentuk rupa maupun kekayaannya melainkan hati dan amal kita sebagaimana Rasulullah bersabda "Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan kekayaanmu tetapi Allah melihat hati dan amalmu". (HR Muslim).

Juga Allah menciptakan perbedaan agar manusia itu saling mengenal satu sama lain,ini dalilnya:

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
(QS. 49:13)

jadi kesimpulannya :

Walau bagaimanapun baik yang ganteng jelek cantik sama2x ada kelebihan dan kebaikkan masing2x bahwa "Cakep / Ganteng / Tampan / Cantik itu adalah relatif sedangkan Jelek itu adalah mutlak hehe"!!!
jelek, cakep, cantik, ganteng itu sangatlah relatif, dan keadaan itu merupakan suatu kehendak Allah.
jelek, cakep, cantik, ganteng itu tergantung dari penilaian sesorang terhadap dirinya, dan juga diukur dengan keadaan rohani seseorang. apakah cakep tapi hatinya busuk ataupun sebaliknya.
jadi buat kalian yang merasa kurang pede karena menurut kalian diri kalian itu jelek janganlah berkecil hati, perbaikilah Akhlak kalian supaya perbuatan baik kalian terpancar ke wajah kalian. dan jadilah pribadi yang menarik,,
Orang yang merasa dirinya jelek janganlah bersedih hati. Seorang pangeran atau puteri mungkin saja akan menyukai kejelekan anda hehe.

Lagipula sudah sepatutnya kita ga usah mengeluh. Kita seharusnya mensyukuri nikmat Allah atas apa yang diberikan kepada kita dan yakinlah bahwa Allah SWT mempunyai rencana lain dalam penciptaan diri kita


Baca posting sebelumnyaFakta yg Jarang diketahui Orang Banyak

29 komentar:

  1. bukan maksud mengejek orang jelek ya...

    coba buka dan bandingkan foto http://farm6.staticflickr.com/5263/5742654654_e013df587a_b.jpg

    dan

    http://www.fimela.com/sites/default/files/assets/10123/lizzie.jpg


    kayanya ada yang kurang pas gan kalimat "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya"

    (dalam hal ini bentuk mengacu pada fisik ya...) :)

    BalasHapus
  2. @justmyhobby : keren yang atas gan
    yang ini juga

    http://3.bp.blogspot.com/-Gd35VXH70vc/UWg9DLzzOzI/AAAAAAAAB8k/izVFyi5XQmE/s1600/480527_354985231287484_1860878185_n.jpg

    BalasHapus
  3. kita semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing2, orang cantik/ganteng toh memiliki kekurangan yang lain, begitu sebaliknya orang (maaf) jelek memiliki kelebihan di sisi yang lain, jd ngaca sendiri2 dulu deh baru tau apa yang dimaksud firman Allah diatas.. saya pribadi ganteng (maaf bukan sombong) tp saya juga diberi kelemahan sisi lain .. jadi cantik/ganteng merupakan sebagian nikmat kecil dari nikmat Allah yang tak terhingga jumlahnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy nikmat ganteng punya kekurangan apalagi yang jelek pasti juga punya kekurangan.
      itulah keindahan .jelek buat hinaan yang ganteng .punya kekurangan pun masih nikmat.

      Hapus
    2. sedih juga ya bang

      Hapus
  4. Saya jelek... dari dulu sampe skg dibully orang.. Tapi pacar saya ganteng... ganteng bangett... tapi hal ini jadi beban ..semakin banyak orang yang ngomongin nama saya.. semua hal yang baik disematkan ke pacar saya sedangkan hal yang buruk ke saya... mereka melihat seolah olah pacar saya itu malaikat sedangkan saya ini setannya .. entahlah

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Dahulu jaman smp wajah saya ganteng dan mulus, tapi skrg gara2 pasca musibah jrawatan wajah sya berubah jadi bopeng2 akibat bekas jrawat, jadinya gak trlalu ganteng lagi deh

    BalasHapus
  7. Dr dulu aku selalu dibilang "wajah lu kampungan bgd" pdhal aku dr lahir di jkt.
    "Oh gw kira lu asalnya dr pelosok mn gt" (diperkumpulan kampus yg bnyk org dr desa sekalipun gw msh dikira lbh desa dr segi wajah)
    Mereka selalu ngakak atau melongok nggak percaya klu aku perkenalkan nm ku sb Raisa. Pdhal emang itu nm asli aku :'(
    Sodara2 aku dikampung jg sk bilang, "ckck anak jakarta item amat g beda sm anak2 sini"

    Sedih, dendam, marah, kecewa sering muncul dibenak gw. Tp mau gmn lg. Untung aku pny orgtua yg sllu support gw dn bilang gw cantik.walopun gw selalu kesel karena mereka selalu fitnah. Tp gw sadar akan pengorbanan mereka: bahkan jika harus berdosa karena berbohong sekalipun, mereka rela bilang gw cantik :')

    Yg bs gw lakuin skrg adlah tabah dn tunjuki. Karya gw!
    Yg paling parah dr semua itu, gw ngerasa penyebab gw jelek adlh karena gw suka bikin kesel dn nangis ibu gw dr kecil sampe remaja. Dn ini seperti kutukan, ibu gw selalu bilang, "ibu g prnh berharap km cantik. Karena yg terpenting adlh akhlak"
    #jadilah terkabul :'(
    Mungkin itu karena keluarga ibu gw yg cantik2 (fyi: ibu gw jg cantik) bnyk yg ahklaknya jauh dr islam (wlpun pd akhirnya skrg udh pd tobat)
    Doain y teman2 semoga aku bs jd pengusaha sukses yg g sombong :)

    BalasHapus
  8. Ya karena sebabitulah orang yg sedang2 saja tidak pede jalan berdua sama teman yang cantik pasti yg jadi pusat perhatian yg cantik . Tapi gk papa saya selalu bersyukur saya diberi kehidupan,kesehatan . Cantik,pintar,kaya dll itu bonus dari Allah! Tetap bersyukur

    BalasHapus
  9. bukan gitu tapi emang gak adil masa kita harus jadi korban jelek temen semua ganteng cantik

    BalasHapus
  10. sama kayak gua, gua cuman produk gagal dari Tuhan. jadi iri sama temen yang punya pacar cantik.

    BalasHapus
  11. sama kayak gua, gua cuman produk gagal dari Tuhan. jadi iri sama temen yang punya pacar cantik.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. seadil-adilnya tetep aja , hidup akan lebih mudah dijalani jika mempunyai paras yang indah , liat sekitar aja , banyak pekerjaan yang menjajikan dengan cuma modal tampang , klo yang ganteng bilang semua ini adil , gua bilang yang ganteng dan cantik nya aja gak tau diri dan gak bersyukur , apalagi masalah pasangan , mudah buat yang ganteng dapet lampu ijo bahkan bisa dikejar -kejar , coba yang jelek meskipun mungkin tapi gak akan semudah di rupawan , si jelek butuh waktu 10x bahkan 100x waktu dan perjuangkan buat dapetin hati si perempuan , udah segitu aja komentar gue

    BalasHapus
  14. Gua Bukti nyata ..sampai sekarang masi jomblo T.T

    BalasHapus
  15. Jelek/bodoh/dll yg negatif ialah mungkin keisengan tuhan untuk kita. Aku akui aku itu jelek dan bodoh . Dan hampir punya rasa lebih baik mati dripada dilahirkan seperti ini. Tuhan jika kau jadikan aku hanya bahan tawamu ,cabutlah aku. Biar aku bisa melepas raga ini yg gagal kau buat. Aki tidak kuat menahan nasib ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku kamu banyak2 bersyukur atas apa yang tuhan berikan. Mungkin kamu punya kelebihan lain dan terus lah berusaha merubah diri menjadi lebih baik

      Hapus
  16. Jelek/bodoh/dll yg negatif ialah mungkin keisengan tuhan untuk kita. Aku akui aku itu jelek dan bodoh . Dan hampir punya rasa lebih baik mati dripada dilahirkan seperti ini. Tuhan jika kau jadikan aku hanya bahan tawamu ,cabutlah aku. Biar aku bisa melepas raga ini yg gagal kau buat. Aki tidak kuat menahan nasib ini

    BalasHapus
  17. Saya setial hari selalu berada di dalam rumah karena orang terdekat saya selalu mengejek saya dan saat disekolah pun saya selalu berada di dalam kelas tidak pernah keluar sama sekali. Karena saya selalu di ejek karena wajah saya dan saya sangat sedih sekali

    BalasHapus
  18. Mo gimanapun permasalahan sicantik dan ganteng itu berkurang mereka bisa gampang cari kerja, gampang dpt pasangan. dihargain ma orang lain. Coba kalo jelek? Ngelakuin kesalahan yg pada dasarnya "mungkin" pernah dilakukan org lain di hina nya abis2 an berasa mereka ga punya dosa dan berasa gw paling hina sendirian di bumi ini. gw gamau suuzon tapi kadang kalo gw lagi sendirian. Gw suka merenung kenapa gw terlahir jelek? Apa tujuan Allah menciptakan gw kalo gw cuman jd bahan olokan dan hinaan mereka?

    BalasHapus
  19. dunia akan indah bagi yang cakep. yang jelek buat Bulian ...itukah keindahan haha..

    BalasHapus
  20. saya merasa iri kepada orang sekitar kenapa saya tidak diberi postur tinggi kulit putih hidung mancung dan rambut lebat. terkadang saya terfikir Allah itu tidak adil dan kalo saya renungkan lagi Allah memberi rupa yang molek indah dan rupawan semua itu tidaklah kekal dan ada masanya setelah usia tua dan gak tampan lagi karena dunia ini fana dan kemulian seorang hambabukan terletak pada harta rupa dan jabatan tapi kemulian seorang hamba terletak pada iman dan takwa dan Allah berjanji semakin orang itu baik semakin tampan dan cantik kelak disurga melebihi Nabi yusuf as

    BalasHapus
  21. klo nongkrong sm tmn yg ckep2 kita berasa jadi viguran syukur klo msih di tmnin ngbrol

    BalasHapus
  22. Gw si ga begitu nyesel punya muka yang kurang sempurna
    Tapi sedih gtu ketika gw pengen pdkt ama ama seseorang sering banget milih yang lebih sempurna tiba hati gw sakit banget rasanya

    BalasHapus

Terima Kasih atas Komentarnya sering-sering kunjung ke blog BingkyCat ini :)

Populer Post