Rabu, 29 Mei 2013

Cara membuat Baca selengkapnya atau Read More dengan mudah

Cara membuat Baca selengkapnya atau Read More  dengan mudah

Maaf bukan maksud untuk menggurui tapi kali ini Bingkycat akan share cara membuat Baca selengkapnya atau Read More pada Blog.....
Biasanya kalau kita cari di google kita banyak menemukan cara membuat Baca selengkapnya dengan cara yg ribet bin susah, pake kode java script segala yg membuat kita makin pusing tujuh keliling dan delapan putaran hehe, belum lagi masukin kodenya satu persatu pada masing-masing blog bagaimana dengan Blog yg postingannya sudah puluhan, memang ada cara yg otomatis tapi lagi-lagi pake kode-kode bikin pusing,nah kali ini Bingkycat akan kasih tau cara gampangnya hehe :
sebenarnya Fitur Read More/Baca selengkapnya sudah ada pada toolbar pada Blogspot sobat,perhatikan Toolbar pada Blogspot saya ini :

                                               
                                                

Bagian yang dilingkari pada gambar di atas adalah Insert Jump Break (pastikan anda berada pada mode Compose)Toolbar ini dapat digunakan untuk membuat penggalan artikel pada halaman utama. Untuk membuat readmore dengan toolbar ini, letakkan cursor pada tempat dimana Anda membuat penggalan (readmore) lalu klik toolbar Insert Jump Break (perhatikan gambar di atas), misalnya hasilnya akan tampak seperti tampak pada gambar berikut:


Pada tahap ini readmore atau Baca Selengkapnya telah selesai, namun jika Anda belum melakukan pengaturan pada posting blog, kita masih butuh beberapa langkah lagi, untuk membuat readmore ini. Caranya adalah masuk ke Tata Letak/Design Blog, seperti tampak pada gambar berikut:


Perhatikan kotak merah pada gambar di atas yakni bagian pengaturan posting blog. Untuk melakukan pengaturan, klik edit (pada sudut kanan bawah blog posts), dan akan muncul gambar berikut:


Gambar di atas adalah bagian Konfigurasi Posting Blog. Pada bagian dalam kotak warna merah, terdapat jumlah posting di halaman utama, misalnya 10 Pos. Artinya adalah pada halaman awal, blogger akan menampilkan 10 posting terbaru yang dimulai dari yang terbaru. Sedangkan pada Teks tautan laman entri adalah teks atau tautan readmore. Jika kita menggunakan blog dalam Bahasa Indonesia, maka Readmore dapat kita ganti dengan Baca Selengkapnya, selanjutnya klikSimpan/Save (terdapat pada bagian bawah, pada tutorial ini tidak tampak), tampilan readmore (Baca Selengkapnya) seperti pada gambar berikut:


Untuk melihat tampilan selengkapnya, lihat di www.naskah.net.

Catatan:
  • Beberapa template Custom (ubah sesuaian) mungkin fitur ini tidak akan berfungsi sebab beberapa template ada yang menggunakanReadmore otomatis.
  • Setiap memposting artikel, kita harus menggunakan toolbar Insert Jump Break
  • Pastikan Anda berada pada mode compose saat posting artikel
  • Jika Anda berada pada mode HTML, anda dapat menggunakan sintaks<!--more-->. Sintaks ini berada pada bagian di mana Anda akan melakukan penggalan pada artikel yang akan Anda terbitkan.

3 komentar:

  1. thanks ya gan dah beritahu

    BalasHapus
  2. sangat membantu buat pemula seperti saya XD

    thx gan :)

    BalasHapus
  3. Makasih gan udh bisa : )
    sukses trus gan !!

    My blog : http://blogmasaris22.blogspot.com/

    BalasHapus

Terima Kasih atas Komentarnya sering-sering kunjung ke blog BingkyCat ini :)

Populer Post